PENGARUH FASILITAS FINGERPRINT
TERHADAP KEDISIPLINAN SISWA SMA YPS SOROAKO
Karya Tulis Ilmiah
Diajukan sebagai
salah satu syarat
Untuk
mengikuti ulangan MID Semester Genap
Oleh:
Luthfania Andriani
Wirind Azhuri
Kelas:
XI IPA 2
YAYASAN PENDIDIKAN SOROWAKO
SMA YPS Sorowako
2016
LEMBAR PENGESAHAN
Karya tulis dengan
judul “Pengaruh Fasilitas Fingerprint Terhadap Kedisiplinan Siswa SMA YPS
Soroako” telah dibaca dan disetujui oleh:
Guru
Pembimbing
Tamsiruddin,
S.Pd.
Tanggal: 16
Maret 2016
|
Wali Kelas
H. Ardias
Barah, S.Pd.
Tanggal: 16
Maret 2016
|
Nama :Luthfania Andriani
NISN :
|
Nama :Wirind Azhuri
NISN :9983055297
|
KATA PENGANTAR
Assalamualaikum wr. wb.
Puji dan syukur haturkan kehadirat
Tuhan yang Maha Esa, Karena berkat rahmat dan perlindungan-Nya yang telah
memberikan kekuatan lahir maupun batin sehingga penulisan karya tulis ilmiah ini
dapat terselesaikan. Diharapkan mampu menjadi solusi bagi murid dan guru dalam mengatasi masalah yang timbul dari
sekolah atau kelasnya sendiri.
Adapun penulisan ini berjudul “Pengaruh
Fasilitas Fingerprint Terhadap Kedisiplinan Siswa SMA YPS Soroako”. Penulis
menyadari sepenuhnya bahwa dalam penyusunan karya tulis ilmiah ini jauh dari
sempurna, baik dalam penulisan, isi maupun tata bahasanya.
Akhirnya penulis menyampaikan ucapan terimakasih kepada
semua pihak yang telah membantu memperlancar penyusunan makalah ini. Dan hanya
Allah jualah yang dapat membalas kebaikan kita semua.
Sorowako,
22 Februari 2016
Penulis
DAFTAR ISI
Kata Pengantar....................................................................................................... i
Daftar Isi................................................................................................................ ii
Daftar Tabel.......................................................................................................... iii
BAB I PENDAHULUAN.................................................................................... 1
A.
Latar Belakang........................................................................................... 1
B.
Rumusan Masalah...................................................................................... 2
C.
Tujuan Penelitian....................................................................................... 2
D.
Manfaat Penelitian..................................................................................... 2
E.
Hipotesis.................................................................................................... 3
F.
Metode Penelitian...................................................................................... 3
G.
Teknik Pengumpulan
Data......................................................................... 3
H.
Sumber Data.............................................................................................. 3
I.
Waktu dan Tempat
Penelitian.................................................................... 4
BAB II KAJIAN PUSTAKA............................................................................... 5
A.
Pengertian
Fingerprint............................................................................... 5
B.
Pentingnya
Kedisiplinan............................................................................ 5
BAB III HASIL PENELITIAN DAN PEMBAHASAN.................................... 7
BAB IV KESIMPULAN DAN SARAN........................................................... 15
A.
Kesimpulan.............................................................................................. 15
B.
Saran........................................................................................................ 15
DAFTAR PUSTAKA......................................................................................... 16
DAFTAR
TABEL
Tabel 1 Perhitungan data jawaban
pernyataan nomor 1................ 7
Tabel 1 Perhitungan data jawaban
pernyataan nomor 2................ 8
Tabel 1 Perhitungan data jawaban
pernyataan nomor 3................ 9
Tabel 1 Perhitungan data jawaban
pernyataan nomor 4.............. 10
Tabel 1 Perhitungan data jawaban
pernyataan nomor 6.............. 11
Tabel 1 Perhitungan data jawaban
pernyataan nomor 7.............. 12
Tabel 1 Perhitungan data jawaban
pernyataan nomor 8.............. 13
BAB I
PENDAHULUAN
A.
Latar Belakang
Kedisiplinan siswa merupakan salah satu hal penting
yang perlu dijaga terutama dalam hal kedisiplinan waktu. Sekarang ini masih
banyak siswa yang menggap biasa masalah keterlambatan ke sekolah. Hal ini tidak
dapat dipungkiri lagi bahwa siswa mulai tidak peduli mengenai kedisiplinan
untuk datang ke sekolah tepat waktu.
Hal ini tentu saja diambil tindak lanjut oleh pihak
sekolah demi menegakkan kedisiplinan siswa terhadap waktu. Berbagai cara pun
telah dilakukan oleh pihak sekolah, seperti pemberian hukuman bagi siswa yang
datang terlambat bahkan hingga pemberian step 2 sampai step 3.
Namun, hal tersebut tidak mengurangi jumlah siswa
yang terlambat datang ke sekolah. Hingga akhirnya pihak sekolah memutuskan
untuk menggunakan sistem fingerprint. Dalam sistem fingerprint ini waktu siswa
datang ke sekolah akan didata secara akurat sehingga siswa yang terlambat atau
bolos akan terdata di sitem fingerprint tersebut.
Penggunaan sistem fingerprint ini dapat memberikan
dampak positif terutama dalam mengurangi jumlah siswa yang datang terlambat ke
sekolah sehingga kedisiplinan siswa terhadap waktu dapat ditingkatkan.
Berdasarkan uraian diatas, peneliti memutuskan untuk
memilih tema teknologi sistem fingerprint dengan judul “Pengaruh Fasilitas
Fingerprint Terhadap Kedisiplinan Siswa SMA YPS Soroako”.
B.
Rumusan Masalah
Berdasarkan uraian latar belakang
tersebut, penulis merumuskan masalah sebagai berikut :
1.
Bagaimana
pengaruh fingerprint terhadap kedisiplinan siswa SMA YPS Soroako ?
2.
Adakah hubungan
yang signifikan antara penerapan absensi fingerprint terhadap disiplin siswa
SMA YPS Soroako ?
C.
Tujuan Penelitian
Berdasarkan
rumusan masalah tersebut, maka penelitian ini mempunyai tujuan yang ingin
dicapai yakni :
1.
Untuk mengetahui
bagaimana pengaruh fingerprint terhadap kedisiplinan siswa SMA YPS Soroako,
2.
Untuk mengetahui
adakah hubungan yang signifikan antara penerapan absensi fingerprint terhadap
disiplin siswa SMA YPS Soroako.
D.
Manfaat Penelitian
1.
Memberikan
kesempatan pada penulis untuk mengaplikasikan ilmu dan teori yang telah
dipelajari
2.
Dapat memberikan
saran atau masukan guna mengambil langkah yang tepat dalam rangka meningkatkan
disiplin siswa SMA YPS Soroako
E.
Hipotesis
1.
Penggunaan
Fingerprint berpengaruh terhadap kedisplinan siswa SMA YPS Soroako.
2.
Terdapat
hubungan yang signifikan antara penerapan absensi fingerprint terhadap disiplin
siswa SMA YPS Soroako.
F.
Metode Penelitian
Dalam penelitian
ini digunakan metode penelitian secara deskriptif yang menjelaskan pengolahan
data yang telah diambil dengan alat-alat atau instrumen yang ada. Hasil dari
pengolahan data tersebut kemudian dapat dijelaskan secara rinci.
G.
Teknik Pengumpulan Data
Dalam penelitian ini digunakan teknik pengumpulan
data berupa kuesioner(angket) tertutup yang berisi 8 pernyataan yang kemudian
akan dikumpulkan lalu dianalisis dan dibahas dalam pembahasan materi.
H.
Sumber Data
Sumber data diperoleh pengambilan data dari pemberian
kuesioner (angket) kepada responden dari 6 siswa setiap angkatan di SMA YPS
Soroako.
I.
Waktu dan Tempat Penelitian
Pengumpulan dilakukan pada hari Jumat, 19Februari
2016 dengan melakukan pemberian kuesioner (angket) kepada siswa-siswa.Kuesioner
(angket) diberikan kepada 6 siswa dari setiap angkatan di SMA YPS Soroako.
BAB
II
KAJIAN
PUSTAKA
A. Pengertian Fingerprint
Fingerprint
Scanner adalah perangkat otentikasiyang menggunakan
identitas biometric dari penggunanya. Sesuai dengan namanya
fingerprint scanner adalah alat khusus untuk mendeteksi sidik jari
penggunanya. Fingerprintscanner mulai banyak digunakan secara terintegrasi
dengan notebook dan beberapa perangkat pendukung lainnya.
Keberadaan fingerprint scanner mempermudah proses login karena
penggunanya tidak perlu mengingat nama user dan password
B. Pentingnya Kedisiplinan
Disiplin
merupakan aturan yang di buat oleh dirinnya atau institusi pendidikan untuk
mencapai tujuan tertentu, dalam hal pendidikan tingkat penerapan belajar dan
kecerdasan. Membangun pendidikan yang cerdas di mulai dari disiplin, disiplin
yang di terapkan oleh seoarang pelajar tanpa di sadari pelajar akan mendapatkan
manfaat yang sangat berharga dari kedisiplinan yang diterapkan.
Kedisiplinan
sangatlah penting bagi para pelajar, disiplin bukan hanya untuk
menjalankan segala aturan sesuai dengan waktunya melainkan untuk meningkatkan
tingkat keberhasilan yang tinggi. Contohnya disiplin waktu, seorang pelajar
yang menjalankan aktivitas dengan disiplin Ia cenderung akan menghargai waktu
dan mengerjakan tugas sesuai waktu yang di tetapkan. Disiplin dalam belajar,
para pelajar akan membagi jadwal belajar, sehingga dalam menjalankan aktivitas
belajar para pelajar bisa mebagi mana yang di prioritaskan terlebih dahulu. Untuk
itu para pelajar di tuntut untuk menjadikan kedisiplinan sebagai budaya dalam
meraih keberhasilan.
Dalam
meningkatkan kedisiplinan peran institusi pendidikan, pengajar dan orang tua
sangatlah di butuhkan, peran institusi pendidikan dalam hal ini sekolah, harus
menjalankan prosedur dan aturan-aturan yang telah di buat harus di jalankan
sebagai mana mestinya. Peran pengajar harus memberikan contoh yang baik
terhadap murid atau pelajar, untuk tidak datang terlambat mengajar dan keluar
jam selesai mengajar sesuai waktu yang telah di tentukan, sehingga para pelajar
akan menjadikan para pengajar sebagai ‘role model’ bagi dirinya. Peran orang
tua harus mengawasi tingkat kedisiplinan anaknya. Dari ketiga tersebut nantinya
ada keterkaitan dan akan memberikan efek yang positif bagi kemajuan serta
peningkatan prestasi. Pengaruh kedisiplinan akan menjadikan para pelajar
memiliki tujuan yang jelas, karena kedisiplinan merupakan indikator
bagi keberhasilan dan kesuksesan seseorang.
BAB
III
HASIL
PENELITIAN DAN PEMBAHASAN
Penelitian ini menggunakan
teknik angket. Untuk itu, kami telah membuat pernyataan untuk angket tersebut.
Angket tersebut terdiri dari delapan pernyataan.
Terhadap
masalah yang ditanyakan, responden diminta menentukan jawabannya secara jujur
dan sesuai dengan pendapat pribadinya tanpa pengaruh jawaban dari orang lain.
Tabel
1. Perhitungan data jawaban pernyataan nomor 1
Pernyataan :
Dengan adanya Fingerprint, saya selalu datang tepat waktu ke sekolah.
No.
|
Tanggapan Responden
|
Frekuensi
|
Presentase
|
1
|
Sangat Setuju
|
1
|
5,5 %
|
2
|
Setuju
|
10
|
55,6 %
|
3
|
Kurang Setuju
|
5
|
27,8 %
|
4
|
Tidak Setuju
|
2
|
11,1 %
|
|
Jumlah
|
18
|
100 %
|
Pembahasan :
Dari tabel di
atas, diketahui bahwa 5,5% atau 1 dari 18 siswa sangat setuju dengan
pernyataan; 55,6% atau 10 dari 18 siswa setuju; 27,8% atau 5 dari 18 siswa
tidak setuju dan 11,1% atau 2 dari 18 siswa tidak setuju. Dari data tersebut,
dapat disimpulkan bahwa sebagian besar siswa selalu datang tepat waktu ke
sekolah dengan adanya fingerprint. Tetapi, masih juga terdapat sebagian kecil
yang masih tidak selalu datang tepat waktu ke sekolah dengan adanya
fingerprint.
Tabel
2. Perhitungan data jawaban pernyataan nomor 2
Pernyataan :
Dengan adanya fingerprint, saya selalu meninggalkan setelah jam belajar
selesai.
No.
|
Tanggapan Responden
|
Frekuensi
|
Presentase
|
1
|
Sangat Setuju
|
6
|
33,3 %
|
2
|
Setuju
|
9
|
50 %
|
3
|
Kurang Setuju
|
2
|
11,1 %
|
4
|
Tidak Setuju
|
1
|
5,6 %
|
|
Jumlah
|
18
|
100 %
|
Pembahasan :
Dari tabel di
ata, diketahui bahwa 33,3% atau 6 dari 8 siswa sangat setuju dengan pernyataan;
50% atau 9 dari 18 siswa setuju; 11,1 % atau 2 dari 18 siswa kurang setuju dan
5,6 % atau 1 dari 18 siswa tidak setuju. Dari data tersebut, dapat disimpulkan
bahwa sebagian besar siswa selalu meninggalkan sekolah setelah jam belajar
selesai dengan adanya Fingerprint. Tetapi, masih ada sebagian kecil siswa yang
meninggalkan sekolah bukan setelah jam belajar selesai.
Tabel
3. Perhitungan data jawaban pernyataan nomor 3
Pernyataan :
Fingerprint berjalan dengan tepat sesuai dengan fungsinya.
No.
|
Tanggapan Responden
|
Frekuensi
|
Presentase
|
1
|
Sangat Setuju
|
2
|
11,1%
|
2
|
Setuju
|
11
|
61,1%
|
3
|
Kurang Setuju
|
3
|
16,7%
|
4
|
Tidak Setuju
|
2
|
11,1%
|
|
Jumlah
|
18
|
100 %
|
Pembahasan :
Dari tabel di
atas, diketahui bahwa 11,1% atau 2 dari 18 siswa sangat setuju dengan
pernyataan; 61,1 % atau 11 dari 18 siswa setuju; 16,7 % atau 3 dari 18 siswa
kurang setuju dan 11,1 % atau 2 dari 18 siswa tidak setuju. Dari data tersebut
dapat disimpulkan bahwa sebagian besar siswa berpendapat bahwa Fingerprint
telah berjalan sesuai dengan fungsinya. Tetapi, ada sebagian kecil siswa yang
berpendapat bahwa Fingerprint masih belum berjalan sesuai dengan fungsinya.
Tabel
4. Perhitungan data jawaban pernyataan nomor 4
Pernyataan :
Saat pembacaan dan verifikasi jari, Fingerprint memiliki ketelitian yang
tinggi.
No.
|
Tanggapan Responden
|
Frekuensi
|
Presentase
|
1
|
Sangat Setuju
|
11
|
61,1%
|
2
|
Setuju
|
7
|
38,9%
|
3
|
Kurang Setuju
|
0
|
0 %
|
4
|
Tidak Setuju
|
0
|
0 %
|
|
Jumlah
|
18
|
100 %
|
Pembahasan :
Dari tabel di
atas, diketahui bahwa 61,1 % atau 11 dari 18 siswa sangat setuju dengan
pernyataan; 38,9 % atau 7 dari 18 siswa setuju dan 0 % atau tidak ada siswa
yang kurang setuju ataupun tidak setuju. Dari data tersebut dapat disimpulkan
bahwa siswa-siswa berpendapat bahwa Fingerprint memiliki ketelitian yang tinggi
dalam pembacaan dan verifikasi jari.
Tabel
5. Perhitungan data jawaban pernyataan nomor 5
Pernyataan :
Proses perekaman data kehadiran menjadi cepat setelah diterapkannya sistem
Fingerprint.
No.
|
Tanggapan Responden
|
Frekuensi
|
Presentase
|
1
|
Sangat Setuju
|
5
|
27,8 %
|
2
|
Setuju
|
6
|
33,3 %
|
3
|
Kurang Setuju
|
6
|
33,3 %
|
4
|
Tidak Setuju
|
1
|
5,6 %
|
|
Jumlah
|
18
|
100 %
|
Pembahasan :
Dari tabel di atas, diketahui bahwa 27,8 %
atau 5 dari 18 siswa sangat setuju dengan pernyataan; 33,3 % atau 6 dari 18
siswa setuju; 33,3 % atau 6 dari 18 siswa kurang setuju dan 5,6 % atau 1 dari
18 siswa tidak setuju. Dari data tersebut, dapat disimpulkan bahwa sebagian
besar siswa berpendapat bahwa proses kehadiran menjadi lebih cepat setelah
diterapkannya sistem Fingerprint. Tetapi, sebagian kecil siswa berpendapat
bahwa proses perekaman data kehadiran tidak lebih cepat setelah diterapkannya
sistem Fingerprint.
Tabel
6. Perhitungan data jawaban pernyataan nomor 6
Pernyataan : Keamanan
penggunaan Fingerprint dari pihak-pihak yang tidak berhak mampu dikendalikan.
No.
|
Tanggapan Responden
|
Frekuensi
|
Presentase
|
1
|
Sangat Setuju
|
4
|
22,2 %
|
2
|
Setuju
|
10
|
55,6 %
|
3
|
Kurang Setuju
|
4
|
22,2%
|
4
|
Tidak Setuju
|
0
|
0 %
|
|
Jumlah
|
18
|
100 %
|
Pembahasan :
Dari tabel di
atas, diketahui bahwa 22,2 % atau 4 dari 18 siswa sangat setuju dengan
pernyataan; 55,6 % atau 1 dari 18 siswa setuju; 22,2 % atau 4 dari 18 siswa
kurang setuju dan 0 % atau tidak ada siswa yang tidak setuju. Dari data
tersebut, dapat disimpulkan bahwa sebagian besar siswa berpendapat bahwa
keamanan penggunaan Fingerprint dari pihak-pihak yang tidak berhak mampu
dikendalikan. Tetapi, ada sebagian kecil siswa berpendapat bahwa keamanan
penggunaan Fingerprint dari pihak-pihak yang tidak berhak masih kurang mampu
dikendalikan.
Tabel
7. Perhitungan data jawaban pernyataan nomor 7
Pernyataan :
Fingerprint mampu menjaga data di dalamnya agar terhindar dari manipulasi data.
No.
|
Tanggapan Responden
|
Frekuensi
|
Presentase
|
1
|
Sangat Setuju
|
10
|
55,6 %
|
2
|
Setuju
|
7
|
38,9 %
|
3
|
Kurang Setuju
|
0
|
0 %
|
4
|
Tidak Setuju
|
1
|
5,6 %
|
|
Jumlah
|
18
|
100 %
|
Pembahasan :
Dari tabel di
atas, diketahui bahwa 55,6 % atau 10 dari 18 siswa sangat setuju dengan
pernyataan; 38,9 % atau 7 dari 18 siswa setuju; 0 % atau tidak ada siswa yang
kurang setuju dan 5,6 % atau 1 dari 18 siswa tidak setuju. Dari data tersebut,
dapat disimpulkan bahwa sebagian besar siswa berpendapat bahwa Fingerprint
telah mampu menjaga data di dalamnya agar terhindar dari manipulasi data.
Tabel
8. Perhitungan data jawaban pernyataan nomor 8
Pernyataan :
Dalam implementasinya Fingerprint mudah digunakan.
No.
|
Tanggapan Responden
|
Frekuensi
|
Presentase
|
1
|
Sangat Setuju
|
8
|
44,4 %
|
2
|
Setuju
|
9
|
50 %
|
3
|
Kurang Setuju
|
1
|
5,6 %
|
4
|
Tidak Setuju
|
0
|
0 %
|
|
Jumlah
|
18
|
100 %
|
Pembahasan
: Dari tabel di atas, diketahui bahwa
44,4 % atau 8 dari 18 siswa sangat setuju dengan pernyataan; 50 % atau 9 dari
18 siswa setuju; 5,6 % atau 1 dari 18 siswa kurang setuju dan 0 % atau tidak
ada siswa yang tidak setuju. Dari data tersebut, dapat disimpulkan bahwa
sebagian besar siswa berpendapat bahwa Fingerprint dapat dengan mudah
digunakan.
BAB IV
KESIMPULAN DAN SARAN
A. Kesimpulan
Dari
data yang telah diperoleh dan dibahas, dapat ditarik kesimpulan bahwa:
1.
Dengan adanya Fingerprint, siswa menjadi
lebih tepat waktu datang ke sekolah dan tidak meninggalkan sekolah jika jam
belajar belum selesai sehingga Fingerprint berpengaruh besar terhadap
peningkatan kedisiplinan siswa terutama dalam hal datang dan keluar sekolah.
2.
Fingerprint telah berjalan sesuai dengan
fungsinya serta memiliki tingkat ketelitian dan tingkat keamanan yang tinggi.
B. Saran
Berdasarkan hasil penelitian
tentang Pengaruh Fasilitas Fingerprint Terhadap Kedisiplinan Siswa SMA YPS
Soroako, maka peneliti memberikan saran yaitu :
1.
Lebih ditingkatkannya siswa terutama
dalam hal kedisiplinan waktu.
2.
Lebih ditingkatkannya Fingerprint
sebagai metode untuk meminimalisir jumlah siswa yang terlambat dan bolos.
DAFTAR PUSTAKA
Sawuri, Sapian. http://smkn3kualakapuas.blogspot.co.id/, diakses pada 20 Februari 2016
Pentingnya Kedisiplinan.
http://badrusa2am.blogspot.co.id/2014/07/pentingnya-kedisiplinan-dan-pendidikan.html, diakses 21 Februari 2016
Tidak ada komentar:
Posting Komentar