Senin, 13 Februari 2017

CONTOH KTI: PENGARUH FASILITAS FINGERPRINT TERHADAP KEDISIPLINAN SISWA SMA YPS SOROAKO

PENGARUH FASILITAS FINGERPRINT TERHADAP KEDISIPLINAN SISWA SMA YPS SOROAKO


Karya Tulis Ilmiah
Diajukan sebagai salah satu syarat
Untuk mengikuti ulangan MID Semester Genap






Oleh:
Luthfania Andriani
Wirind Azhuri
Kelas: XI IPA 2

YAYASAN PENDIDIKAN SOROWAKO
SMA YPS Sorowako
2016



LEMBAR PENGESAHAN

Karya tulis dengan judul “Pengaruh Fasilitas Fingerprint Terhadap Kedisiplinan Siswa SMA YPS Soroako” telah dibaca dan disetujui oleh:

Guru Pembimbing



Tamsiruddin, S.Pd.
Tanggal: 16 Maret 2016


Wali Kelas



H. Ardias Barah, S.Pd.
Tanggal: 16 Maret 2016

Nama     :Luthfania Andriani
NISN     :
Nama     :Wirind Azhuri
NISN     :9983055297




KATA PENGANTAR

Assalamualaikum wr. wb.
Puji dan syukur haturkan kehadirat Tuhan yang Maha Esa, Karena berkat rahmat dan perlindungan-Nya yang telah memberikan kekuatan lahir maupun batin sehingga penulisan karya tulis ilmiah ini dapat terselesaikan. Diharapkan mampu menjadi solusi bagi murid dan  guru dalam mengatasi masalah yang timbul dari sekolah atau kelasnya sendiri.
Adapun penulisan ini berjudul “Pengaruh Fasilitas Fingerprint Terhadap Kedisiplinan Siswa SMA YPS Soroako”. Penulis menyadari sepenuhnya bahwa dalam penyusunan karya tulis ilmiah ini jauh dari sempurna, baik dalam penulisan, isi maupun tata bahasanya.
Akhirnya penulis menyampaikan ucapan terimakasih kepada semua pihak yang telah membantu memperlancar penyusunan makalah ini. Dan hanya Allah jualah yang dapat membalas kebaikan kita semua.





Sorowako, 22 Februari 2016



Penulis
DAFTAR ISI

Kata Pengantar....................................................................................................... i
Daftar Isi................................................................................................................ ii
Daftar Tabel.......................................................................................................... iii
BAB I PENDAHULUAN.................................................................................... 1
A.    Latar Belakang........................................................................................... 1
B.     Rumusan Masalah...................................................................................... 2
C.     Tujuan Penelitian....................................................................................... 2
D.    Manfaat Penelitian..................................................................................... 2
E.     Hipotesis.................................................................................................... 3
F.      Metode Penelitian...................................................................................... 3
G.    Teknik Pengumpulan Data......................................................................... 3
H.    Sumber Data.............................................................................................. 3
I.       Waktu dan Tempat Penelitian.................................................................... 4
BAB II KAJIAN PUSTAKA............................................................................... 5
A.    Pengertian Fingerprint............................................................................... 5
B.     Pentingnya Kedisiplinan............................................................................ 5
BAB III HASIL PENELITIAN DAN PEMBAHASAN.................................... 7
BAB IV KESIMPULAN DAN SARAN........................................................... 15
A.    Kesimpulan.............................................................................................. 15
B.     Saran........................................................................................................ 15
DAFTAR PUSTAKA......................................................................................... 16






DAFTAR TABEL
Tabel 1 Perhitungan data jawaban pernyataan nomor 1................ 7
Tabel 1 Perhitungan data jawaban pernyataan nomor 2................ 8
Tabel 1 Perhitungan data jawaban pernyataan nomor 3................ 9
Tabel 1 Perhitungan data jawaban pernyataan nomor 4.............. 10
Tabel 1 Perhitungan data jawaban pernyataan nomor 6.............. 11
Tabel 1 Perhitungan data jawaban pernyataan nomor 7.............. 12
Tabel 1 Perhitungan data jawaban pernyataan nomor 8.............. 13


BAB I
PENDAHULUAN


A.      Latar  Belakang
Kedisiplinan siswa merupakan salah satu hal penting yang perlu dijaga terutama dalam hal kedisiplinan waktu. Sekarang ini masih banyak siswa yang menggap biasa masalah keterlambatan ke sekolah. Hal ini tidak dapat dipungkiri lagi bahwa siswa mulai tidak peduli mengenai kedisiplinan untuk datang ke sekolah tepat waktu.
Hal ini tentu saja diambil tindak lanjut oleh pihak sekolah demi menegakkan kedisiplinan siswa terhadap waktu. Berbagai cara pun telah dilakukan oleh pihak sekolah, seperti pemberian hukuman bagi siswa yang datang terlambat bahkan hingga pemberian step 2 sampai step 3.
Namun, hal tersebut tidak mengurangi jumlah siswa yang terlambat datang ke sekolah. Hingga akhirnya pihak sekolah memutuskan untuk menggunakan sistem fingerprint. Dalam sistem fingerprint ini waktu siswa datang ke sekolah akan didata secara akurat sehingga siswa yang terlambat atau bolos akan terdata di sitem fingerprint tersebut.
Penggunaan sistem fingerprint ini dapat memberikan dampak positif terutama dalam mengurangi jumlah siswa yang datang terlambat ke sekolah sehingga kedisiplinan siswa terhadap waktu dapat ditingkatkan.
Berdasarkan uraian diatas, peneliti memutuskan untuk memilih tema teknologi sistem fingerprint dengan judul “Pengaruh Fasilitas Fingerprint Terhadap Kedisiplinan Siswa SMA YPS Soroako”.

B.     Rumusan Masalah
Berdasarkan uraian latar belakang tersebut, penulis merumuskan masalah sebagai berikut :
1.      Bagaimana pengaruh fingerprint terhadap kedisiplinan siswa SMA YPS Soroako ?
2.      Adakah hubungan yang signifikan antara penerapan absensi fingerprint terhadap disiplin siswa SMA YPS Soroako ?

C.    Tujuan Penelitian
Berdasarkan rumusan masalah tersebut, maka penelitian ini mempunyai tujuan yang ingin dicapai yakni :
1.      Untuk mengetahui bagaimana pengaruh fingerprint terhadap kedisiplinan siswa SMA YPS Soroako,
2.      Untuk mengetahui adakah hubungan yang signifikan antara penerapan absensi fingerprint terhadap disiplin siswa SMA YPS Soroako.




D.    Manfaat Penelitian
1.      Memberikan kesempatan pada penulis untuk mengaplikasikan ilmu dan teori yang telah dipelajari
2.      Dapat memberikan saran atau masukan guna mengambil langkah yang tepat dalam rangka meningkatkan disiplin siswa SMA YPS Soroako

E.     Hipotesis
1.    Penggunaan Fingerprint berpengaruh terhadap kedisplinan siswa SMA YPS Soroako.
2.    Terdapat hubungan yang signifikan antara penerapan absensi fingerprint terhadap disiplin siswa SMA YPS Soroako.

F.     Metode Penelitian
Dalam penelitian ini digunakan metode penelitian secara deskriptif yang menjelaskan pengolahan data yang telah diambil dengan alat-alat atau instrumen yang ada. Hasil dari pengolahan data tersebut kemudian dapat dijelaskan secara rinci.

G.    Teknik Pengumpulan Data
Dalam penelitian ini digunakan teknik pengumpulan data berupa kuesioner(angket) tertutup yang berisi 8 pernyataan yang kemudian akan dikumpulkan lalu dianalisis dan dibahas dalam pembahasan materi.

H.    Sumber Data
Sumber data diperoleh pengambilan data dari pemberian kuesioner (angket) kepada responden dari 6 siswa setiap angkatan di SMA YPS Soroako.
I.          Waktu dan Tempat Penelitian
Pengumpulan dilakukan pada hari Jumat, 19Februari 2016 dengan melakukan pemberian kuesioner (angket) kepada siswa-siswa.Kuesioner (angket) diberikan kepada 6 siswa dari setiap angkatan di SMA YPS Soroako.






BAB II
KAJIAN PUSTAKA

A.    Pengertian Fingerprint
Fingerprint Scanner adalah perangkat otentikasiyang menggunakan identitas biometric dari penggunanya. Sesuai dengan namanya fingerprint scanner adalah alat khusus untuk mendeteksi sidik jari penggunanya. Fingerprintscanner mulai banyak digunakan secara terintegrasi dengan notebook dan beberapa perangkat pendukung lainnya. Keberadaan fingerprint scanner mempermudah proses login karena penggunanya tidak perlu mengingat nama user dan password
B.     Pentingnya Kedisiplinan
Disiplin merupakan aturan yang di buat oleh dirinnya atau institusi pendidikan untuk mencapai tujuan tertentu, dalam hal pendidikan tingkat penerapan belajar dan kecerdasan. Membangun pendidikan yang cerdas di mulai dari disiplin, disiplin yang di terapkan oleh seoarang pelajar tanpa di sadari pelajar akan mendapatkan manfaat yang sangat berharga dari kedisiplinan yang diterapkan.
Kedisiplinan sangatlah penting bagi para pelajar, disiplin bukan hanya untuk menjalankan segala aturan sesuai dengan waktunya melainkan untuk meningkatkan tingkat keberhasilan yang tinggi. Contohnya disiplin waktu, seorang pelajar yang menjalankan aktivitas dengan disiplin Ia cenderung akan menghargai waktu dan mengerjakan tugas sesuai waktu yang di tetapkan. Disiplin dalam belajar, para pelajar akan membagi jadwal belajar, sehingga dalam menjalankan aktivitas belajar para pelajar bisa mebagi mana yang di prioritaskan terlebih dahulu. Untuk itu para pelajar di tuntut untuk menjadikan kedisiplinan sebagai budaya dalam meraih keberhasilan.
Dalam meningkatkan kedisiplinan peran institusi pendidikan, pengajar dan orang tua sangatlah di butuhkan, peran institusi pendidikan dalam hal ini sekolah, harus menjalankan prosedur dan aturan-aturan yang telah di buat harus di jalankan sebagai mana mestinya. Peran pengajar harus memberikan contoh yang baik terhadap murid atau pelajar, untuk tidak datang terlambat mengajar dan keluar jam selesai mengajar sesuai waktu yang telah di tentukan, sehingga para pelajar akan menjadikan para pengajar sebagai ‘role model’ bagi dirinya. Peran orang tua harus mengawasi tingkat kedisiplinan anaknya. Dari ketiga tersebut nantinya ada keterkaitan dan akan memberikan efek yang positif bagi kemajuan serta peningkatan prestasi. Pengaruh kedisiplinan akan menjadikan para pelajar memiliki tujuan yang  jelas, karena kedisiplinan merupakan indikator bagi keberhasilan dan kesuksesan seseorang.







BAB III
HASIL PENELITIAN DAN PEMBAHASAN

Penelitian ini menggunakan teknik angket. Untuk itu, kami telah membuat pernyataan untuk angket tersebut. Angket tersebut terdiri dari delapan pernyataan.
         Terhadap masalah yang ditanyakan, responden diminta menentukan jawabannya secara jujur dan sesuai dengan pendapat pribadinya tanpa pengaruh jawaban dari orang lain.
Tabel 1. Perhitungan data jawaban pernyataan nomor 1
Pernyataan      : Dengan adanya Fingerprint, saya selalu datang tepat waktu ke sekolah.
No.
Tanggapan Responden
Frekuensi
Presentase
1
Sangat Setuju
1
5,5 %
2
Setuju
10
55,6 %
3
Kurang Setuju
5
27,8 %
4
Tidak Setuju
2
11,1 %

Jumlah
18
100 %


Pembahasan     :
   Dari tabel di atas, diketahui bahwa 5,5% atau 1 dari 18 siswa sangat setuju dengan pernyataan; 55,6% atau 10 dari 18 siswa setuju; 27,8% atau 5 dari 18 siswa tidak setuju dan 11,1% atau 2 dari 18 siswa tidak setuju. Dari data tersebut, dapat disimpulkan bahwa sebagian besar siswa selalu datang tepat waktu ke sekolah dengan adanya fingerprint. Tetapi, masih juga terdapat sebagian kecil yang masih tidak selalu datang tepat waktu ke sekolah dengan adanya fingerprint.
Tabel 2. Perhitungan data jawaban pernyataan nomor 2
Pernyataan      : Dengan adanya fingerprint, saya selalu meninggalkan setelah jam belajar selesai.
No.
Tanggapan Responden
Frekuensi
Presentase
1
Sangat Setuju
6
33,3 %
2
Setuju
9
50 %
3
Kurang Setuju
2
11,1 %
4
Tidak Setuju
1
5,6 %

Jumlah
18
100 %
Pembahasan     :
   Dari tabel di ata, diketahui bahwa 33,3% atau 6 dari 8 siswa sangat setuju dengan pernyataan; 50% atau 9 dari 18 siswa setuju; 11,1 % atau 2 dari 18 siswa kurang setuju dan 5,6 % atau 1 dari 18 siswa tidak setuju. Dari data tersebut, dapat disimpulkan bahwa sebagian besar siswa selalu meninggalkan sekolah setelah jam belajar selesai dengan adanya Fingerprint. Tetapi, masih ada sebagian kecil siswa yang meninggalkan sekolah bukan setelah jam belajar selesai.
Tabel 3. Perhitungan data jawaban pernyataan nomor 3
Pernyataan      : Fingerprint berjalan dengan tepat sesuai dengan fungsinya.
No.
Tanggapan Responden
Frekuensi
Presentase
1
Sangat Setuju
2
11,1%
2
Setuju
11
61,1%
3
Kurang Setuju
3
16,7%
4
Tidak Setuju
2
11,1%

Jumlah
18
100 %
Pembahasan     :
   Dari tabel di atas, diketahui bahwa 11,1% atau 2 dari 18 siswa sangat setuju dengan pernyataan; 61,1 % atau 11 dari 18 siswa setuju; 16,7 % atau 3 dari 18 siswa kurang setuju dan 11,1 % atau 2 dari 18 siswa tidak setuju. Dari data tersebut dapat disimpulkan bahwa sebagian besar siswa berpendapat bahwa Fingerprint telah berjalan sesuai dengan fungsinya. Tetapi, ada sebagian kecil siswa yang berpendapat bahwa Fingerprint masih belum berjalan sesuai dengan fungsinya.
Tabel 4. Perhitungan data jawaban pernyataan nomor 4
Pernyataan      : Saat pembacaan dan verifikasi jari, Fingerprint memiliki ketelitian yang tinggi.
No.
Tanggapan Responden
Frekuensi
Presentase
1
Sangat Setuju
11
61,1%
2
Setuju
7
38,9%
3
Kurang Setuju
0
0 %
4
Tidak Setuju
0
0 %

Jumlah
18
100 %
Pembahasan     :
   Dari tabel di atas, diketahui bahwa 61,1 % atau 11 dari 18 siswa sangat setuju dengan pernyataan; 38,9 % atau 7 dari 18 siswa setuju dan 0 % atau tidak ada siswa yang kurang setuju ataupun tidak setuju. Dari data tersebut dapat disimpulkan bahwa siswa-siswa berpendapat bahwa Fingerprint memiliki ketelitian yang tinggi dalam pembacaan dan verifikasi jari.


Tabel 5. Perhitungan data jawaban pernyataan nomor 5
Pernyataan      : Proses perekaman data kehadiran menjadi cepat setelah diterapkannya sistem Fingerprint.
No.
Tanggapan Responden
Frekuensi
Presentase
1
Sangat Setuju
5
27,8 %
2
Setuju
6
33,3 %
3
Kurang Setuju
6
33,3 %
4
Tidak Setuju
1
5,6 %

Jumlah
18
100 %
Pembahasan     :
Dari tabel di atas, diketahui bahwa 27,8 % atau 5 dari 18 siswa sangat setuju dengan pernyataan; 33,3 % atau 6 dari 18 siswa setuju; 33,3 % atau 6 dari 18 siswa kurang setuju dan 5,6 % atau 1 dari 18 siswa tidak setuju. Dari data tersebut, dapat disimpulkan bahwa sebagian besar siswa berpendapat bahwa proses kehadiran menjadi lebih cepat setelah diterapkannya sistem Fingerprint. Tetapi, sebagian kecil siswa berpendapat bahwa proses perekaman data kehadiran tidak lebih cepat setelah diterapkannya sistem Fingerprint.


Tabel 6. Perhitungan data jawaban pernyataan nomor 6
Pernyataan      : Keamanan penggunaan Fingerprint dari pihak-pihak yang tidak berhak mampu dikendalikan.
No.
Tanggapan Responden
Frekuensi
Presentase
1
Sangat Setuju
4
22,2 %
2
Setuju
10
55,6 %
3
Kurang Setuju
4
22,2%
4
Tidak Setuju
0
0 %

Jumlah
18
100 %
Pembahasan     :
   Dari tabel di atas, diketahui bahwa 22,2 % atau 4 dari 18 siswa sangat setuju dengan pernyataan; 55,6 % atau 1 dari 18 siswa setuju; 22,2 % atau 4 dari 18 siswa kurang setuju dan 0 % atau tidak ada siswa yang tidak setuju. Dari data tersebut, dapat disimpulkan bahwa sebagian besar siswa berpendapat bahwa keamanan penggunaan Fingerprint dari pihak-pihak yang tidak berhak mampu dikendalikan. Tetapi, ada sebagian kecil siswa berpendapat bahwa keamanan penggunaan Fingerprint dari pihak-pihak yang tidak berhak masih kurang mampu dikendalikan.

Tabel 7. Perhitungan data jawaban pernyataan nomor 7
Pernyataan      : Fingerprint mampu menjaga data di dalamnya agar terhindar dari manipulasi data.
No.
Tanggapan Responden
Frekuensi
Presentase
1
Sangat Setuju
10
55,6 %
2
Setuju
7
38,9 %
3
Kurang Setuju
0
0 %
4
Tidak Setuju
1
5,6 %

Jumlah
18
100 %
Pembahasan     :
   Dari tabel di atas, diketahui bahwa 55,6 % atau 10 dari 18 siswa sangat setuju dengan pernyataan; 38,9 % atau 7 dari 18 siswa setuju; 0 % atau tidak ada siswa yang kurang setuju dan 5,6 % atau 1 dari 18 siswa tidak setuju. Dari data tersebut, dapat disimpulkan bahwa sebagian besar siswa berpendapat bahwa Fingerprint telah mampu menjaga data di dalamnya agar terhindar dari manipulasi data.




Tabel 8. Perhitungan data jawaban pernyataan nomor 8
Pernyataan      : Dalam implementasinya Fingerprint mudah digunakan.
No.
Tanggapan Responden
Frekuensi
Presentase
1
Sangat Setuju
8
44,4 %
2
Setuju
9
50 %
3
Kurang Setuju
1
5,6 %
4
Tidak Setuju
0
0 %

Jumlah
18
100 %
Pembahasan     : Dari tabel di atas, diketahui bahwa 44,4 % atau 8 dari 18 siswa sangat setuju dengan pernyataan; 50 % atau 9 dari 18 siswa setuju; 5,6 % atau 1 dari 18 siswa kurang setuju dan 0 % atau tidak ada siswa yang tidak setuju. Dari data tersebut, dapat disimpulkan bahwa sebagian besar siswa berpendapat bahwa Fingerprint dapat dengan mudah digunakan.





BAB IV
KESIMPULAN DAN SARAN

A.      Kesimpulan

Dari data yang telah diperoleh dan dibahas, dapat ditarik kesimpulan bahwa:
1.      Dengan adanya Fingerprint, siswa menjadi lebih tepat waktu datang ke sekolah dan tidak meninggalkan sekolah jika jam belajar belum selesai sehingga Fingerprint berpengaruh besar terhadap peningkatan kedisiplinan siswa terutama dalam hal datang dan keluar sekolah.
2.      Fingerprint telah berjalan sesuai dengan fungsinya serta memiliki tingkat ketelitian dan tingkat keamanan yang tinggi.

B.       Saran
Berdasarkan hasil penelitian tentang Pengaruh Fasilitas Fingerprint Terhadap Kedisiplinan Siswa SMA YPS Soroako, maka peneliti memberikan saran yaitu :
1.          Lebih ditingkatkannya siswa terutama dalam hal kedisiplinan waktu.
2.          Lebih ditingkatkannya Fingerprint sebagai metode untuk meminimalisir jumlah siswa yang terlambat dan bolos.







DAFTAR PUSTAKA

Sawuri, Sapian. http://smkn3kualakapuas.blogspot.co.id/, diakses pada 20 Februari 2016




Tidak ada komentar:

Posting Komentar